Sabtu, 23 Juli 2011

Pontianak .

ASAL NAMA PONTIANAK
Benar ga sih nama Pontianak = Kuntilanak? hampir mirip dong ya nama nya :D Okee aku mulai aja sejarah kota ini .
Kota pontianak didirikan oleh Syarief Abdurahman Al kadrie, pada tanggal 23 Oktober 1771. Lalu Syarif Adburahman di nobatkan sebagai kesultanan Pontianak. Nama Pontianak sendiri di percaya ada Kaitannya dengan Kisah Dongeng Syarif Abdurahman yang sering di ganggu oleh hantu “Kuntilanak” Ketika beliau menyusuri sungai Kapuas sepanjang 1100 KM.. yang merupakan sungai terpanjang di INDONESIA. Menurut cerita, Syarif Abdurahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus mendadakan dimana meriam Itu jatuh maka di sanalah wilayah kesultanannya di Dirikan . 
Dan Hingga kini Budaya membunyikan meriam masih kerap di lakukan Warga saat acara-acara tertentu, Di pontianak. Gunanya untuk tetap memerangi Hantu “Kuntilanak”.



SUNGAI KAPUAS
Sungai kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia. yang memiliki panjang sekitar 1143 KM . sungai kapuas terletak di kalimantan barat (pontianak). sungai ini terkenal memiliki ikan yang cukup mahal harganya, yaitu ikan Arwana. Sungai kapuas menjadi urat nadi bagi masyarakat di kal-bar .Sungai kapuas terkenal adanya PUAKA. puaka adalah hantu penunggu arau yang identik dengan sesuatu yang besar dan tinggal sejak lama di suatu wilayah . menurut orang-orang, PUAKA sungai kapuas ini adalah seekor ular atau naga yang besar. ular atau naga ini melintang di dasar sungai kapuas, ekornya terdapat di Kabupaten Sanggau dan terletak di Muara sungai sekayam dan kepalanya di daerah PANCUR AJI. beberapa waktu yang lalu seorang anak tenggelam di daerah beringin (sanggaukapuas) dan di temukan mayat nya di dekat pancur aji. Pancur aji adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di daerah sanggau. konon di dalam mulut ular atau naga itu terdapat kerajaan ghaib.


TUGU KHATULISTIWA 
Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.
Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat
Tugu.khatulistiwa 2aa.jpg

Foto Tugu Khatulistiwa padazaman kolonial Belanda.
Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.
Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter.
Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20' OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.
Pada bulan Maret 2005, Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan koreksi untuk menentukan lokasi titik nol garis khatulistiwa di Kota Pontianak. Koreksi dilakukan dengan menggunakan gabungan metoda terestrial dan ekstraterestrial yaitu menggunakan global positioning system (GPS) dan stake-outtitik nol garis khatulistiwa dikoreksi
Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur
Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini. Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia.
Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jl Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir.
Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.
Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.

KERATON KADRIAH  DAN MASJID JAMI.
Istana kerajaan Pontianak ini terletak di Kampung Dalam Bugis, Pontianak Timur. Di dalam bangunan dapat ditemui peninggalan-peninggalan kerajaan seperti kursi singgasana, pakaian, cermin pecah seribu, keris, meja giok, meriam dan sebagainya. Keraton Pontianak berukuran 30 x 50 meter, keraton terbesar di Kalimantan Barat. Terbuat dari kayu belian dan dibangun olehpendiri kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman pada 1771, bangunan tua yang cukup megah ini dilapisi cat kuning yang melambangkan kebesaran kerajaan Melayu. Berhadapan dengan bangunan keraton terdapat masjid Jami yang dibangun hampir bersamaan.




Majid jami pontianak .





keraton kadriah .


Seni dan Budaya, Identitas Bangsa




Pasti kenal dong yaa sama petinju asal kalimantan barat ini :


1. Daud yordan



yang ini pasti semua ny kenal dong yaa :


2. Morgan oey



Artis cantik ini juga dari pontianak loh :


3. zora vidyanata





Vokalis band terkenal "seventeen" :
4. Riefian fajar syah (ivan)








Ga tau lagi dah yang lain2 nya ..


BERIKUT BEBERAPA FOTO KOTA PONTIANAK :
13106670191011257832




Masjid jami keraton sambas





Alun-alun pontianak



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar